WIKON, Raih Penghargaan The Most Growing Startup

Jakarta– Lebih dari 60 karya startup yang diproduksi oleh generasi milenial Indonesia digelar dalam acara Indonesia Startup Summit (ISS) di Jakarta International Expo, Rabu (10/4).

Acara ini di prakarsai oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang dihadiri oleh Menristek dan juga pejabat tinggi dari Kementerian Perindustrian dan Direksi dari perusahaan-perusahaan yang bermitra dengan Kemenristekdikti termasuk PT Wijaya Karya Industri & Konstruksi (WIKON).

Acara dimulai dengan aksi unik dari Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohammad Nasir menjajal motor listrik nasional GESITS dari Hotel Mercure Kemayoran menuju lokasi acara yang berjarak sekitar 3 Km dan langsung membawa GESITS masuk ke dalam Aula D2. Ribuan mahasiswa yang hadir langsung menyambut Pak Menteri dengan riuh rendah saat ia melepas helmnya di depan panggung.

“Ini adalah motor listrik anak bangsa, kalau sebut motor listrik, ingat GESITS. Kalau ingat GESITS maka ingat motor listrik. Ini pertama kalinya di Indonesia.” ujar Nasir.

Ia juga menjelaskan bahwa dengan kemampuan inovasi teknologi, maka suatu bangsa dapat mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya yang dimiliki secara efektif dan efisien, memberikan nilai tambah pada produk teknologi, serta pada akhirnya memberikan kontribusi yang sangat signifikan terhadap perekonomian Indonesia, tutup Nasir.

Dalam kesempatan ISS 2019 ini pula, Kemenristekdikti juga mengumumkan lima karya paling menginspirasi dari kalangan startup dimana salah satu dari lima karya terbaik itu diraih oleh GESITS sebagai The Most Growing Startup dengan mitra industri adalah PT Wijaya Karya Industri & Konstruksi.

Penghargaan diterima langsung oleh Direktur Utama PT Wijaya Karya Industri & Konstruksi, Koko Cahyo Kuncoro yang mengatakan bahwa WIKON sangat mendukung penemuan dari para inovator yang menyumbangkan inovasi nya untuk bangsa. Semua pelaku industri harus turut mendukung inovasi ini sehingga dapat menghasilkan produk asli buatan anak negeri yang membanggakan dan berguna untuk masyarakat seperti motor listrik GESITS yang sedang WIKON produksi.” Ujar Koko.

“Penghargaan ini merupakan bukti bahwa pelaku Industri sangat mendukung inovasi anak bangsa, dan kami berkomitmen untuk terus memproduksi motor listrik GESITS ini sehingga dapat di jual massal dan menjadi kebanggaan bangsa.”pungkasnya.

Sepeda motor listrik GESITS diproduksi oleh PT Wijaya Karya Manufaktur (WIMA), perusahaan patungan antara PT Wijaya Karya Industri & Konstruksi (WIKON) dengan PT Gesits Technologies Indonesia (GTI). Gesits akan diproduksi massal di pabrik perakitan yang berada di Kawasan Industri WIKA (KIW) Bogor, Jawa Barat. Pabrik perakitan ini mampu memproduksi 50.000 unit per tahun dan bisa ditingkatkan hingga 100.000 unit per tahun.

anniwul

About anniwul